10 Hewan Langka Yang Terancam Punah

Didunia ini terdapat 3 jenis mahluk hidup yang telah diciptakan oleh sang Khalik, yaitu hewan, tumbuhan dan manusia.

Keegoisan, keserakahan serta kerakusan manusia
terhadap segala yang ada didunia ini
mengakibatkan banyak hewan yang terancam punah
bahkan seakan kehadirannya tidak pernah ada di bumi.

Oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk memperkenalkan kembali nama-nama hewan yang hampir dilupakan dalam sejarah kehidupan. Selain langka, hewan ini memiliki informasi unik dan menarik yang patut agan ketahui dan agan simpan sebagai informasi untuk anak-cucu kita nanti. Berikut nama-namanya :

Liger


Liger (Lion and Tiger) atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai simau (Singa dan Harimau) adalah nama hasil kawin silang antara seekor singa jantan dan seekor harimau betina.

Jika seekor singa jantan dikawinkan dengan seekor liger, maka akan menghasilkan liliger yang lebih dominan seperti singa. Sedangkan jika seekor harimau jantan dikawinkan dengan seekor liger, maka akan menghasilkan tiliger yang lebih dominan seperti harimau.

Liger dapat berenang seperti karakteristik yang dimiliki oleh harimau dan dapat bersosialisasi seperti singa. Liger hanya dapat bertahan di lingkungan tertentu karena habitat induknya tidak berada di alam liar. Dalam sejarah, ketika Singa Asia mengalami musim offsping, wilayah dari singa dan harimau saling tumpang tindih. Liger biasanya tumbuh lebih besar daripada induknya, tidak seperti tigon yang cenderung seperti harimau betina.

Blue parrot fish

Blue parrotfish (Scarus coeruleus) adalah ikan yang memiliki warna dominan biru pada tubuhnya. Ikan ini panjangnya sekitar 30 cm – 75 cm dan panjang maksimum mencapai 1,2 m. Tidak seperti parrotfish lain, ikan ini memiliki sebuah paruh untuk mengais ganggang dan organisme kecil yang hidup diantara bebatuan. Selain itu, ikan ini memiliki gigi yang dapat menggiling bebatuan kecil yang tidak sengaja tertelan bersama dengan makanan mereka.
Seekor blue parrotfish yang baru lahir memiliki sebuah titik kuning di kepala mereka. Namun, seiring dengan pertambahan usia maka titik kuning ini akan memudar. Kesimpulannya, ikan ini tidak akan memiliki titik kuning di masa tua mereka.
Habitat blue parrotfish adalah terumbu karang dan dapat ditemukan pada kedalaman 3 m – 25 m di Atlantik Barat, Maryland, Amerika Serikat, Bermuda dan Brasil bagian Selatan. Uniknya lagi, 80% dari aktivitas ikan ini hanya untuk mencari makanan saja. Wah, wah, wah.. Bisa kembung dong kalo makan terus.

Deer Mouse

Deer Mouse (Peromyscus) atau biasa disebut dengan tikus rusa adalah hewan yang sebangsa dengan tikus namun berbeda. Meskipun mirip, Deer Mouse adalah sebuah tikus berkaki rusa yang memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh tikus rumahan ataupun tikus laboratorium.
Ia memiliki mata yang relatif besar, dua warna kulit dasar (warna gelap diatas punggung dan warna putih pada perut). Uniknya lagi, seekor Deer Mouse mampu berlari dengan kencang dan lompat lebih tinggi ketimbang seekor tikus rumah. Sebelum dijuluki dengan istilah Deer Mouse, tikus ini pernah diberi nama tikus “Kancil” mengingat kelincahannya dalam berlari dan lompat tinggi.
Bila anda ingin menemukan Deer Mouse, anda dapat mencarinya di daratan Amerika Serikat. Namun, sangat sulit mencari seekor Deer Mouse mengingat keberadaannya yang sudah sangat langka.

Gerenuk

Gerenuk (Litocranius Walleri) adalah seekor hewan yang berbadan kijang namun memiliki leher sebuah jerapah. Gerenuk memiliki mata dan telinga yang panjang dan hanya gerenuk jantan yang memiliki sebuah tanduk sedangkan betinanya tidak memiliki tanduk.
Seekor Gerenuk mampu memanjangkan lehernya bila ia ingin makan dedaunan dari pohon yang tinggi dan memiliki kaki yang amat ramping. Gerenuk berhabitat di padang pasir dan dapat ditemukan pada wilayah Danau Besar Afrika. Mirisnya, Gerenuk sering diburu baik oleh predator maupun manusia sehingga keberadaannya hampir tidak bisa ditemukan. Meskipun dikaruniai kecepatan yang gesit dan lincah, seekor Gerenuk memiliki tulang yang amat rawan dan rapuh sehingga hal ini dapat menyebabkan patah tulang saat ia berlari kencang.
Seekor gerenuk jantan panjangnya mencapai 150 cm sedangkan yang betina hanya 80 cm – 100 cm. Berat seekor Gerenuk hanya 45 kg untuk jantan dan 45 kg untuk betina.

Ghavial

Ghavial (Gavialis gangeticus) adalah satu-satunya buaya pemangsa ikan yang terlahir dari keluarga Gavialidae, benua India. Menurut pengamatan dan konservasi, populasi Ghavial diperkirakan kurang dari 235 ekor dan terancam punah akibat hilangnya habitat mereka (sungai) dan sumber makanan mereka, yaitu ikan oleh karena eksploitasi penangkapan ikan baik menggunakan jaring maupun pukat harimau.
Ghavial adalah satu-satunya buaya terpanjang dari semua bangsanya yang panjangnya bisa mencapai 6,25 meter (setara dengan 21 kaki). Ia memiliki 110 gigi yang tajam dan moncong yang panjang. Meskipun memiliki badan predator, Ghavial hanya memangsa ikan.
Seekor Ghavial dapat anda temukan di benua India, Sungai Irrawaddy bagian Timur, Sungai Indus bagian Barat.

Irrawaddy Dolphin

Irrawaddy Dolphin (Orcaella Brevirostris) adalah spesies euryhaline, yakni lumba-lumba laut dan dapat ditemukan didekat pantai laut, muara, sungai-sungai dibagian Teluk Benggala dan Asia Tenggara.
Secara genetik, Irrawaddy Dolphin berkaitan erat dengan paus pembunuh, yaitu orca. Meskipun bernama Dolphin, seekor Irrawaddy adalah satu-satunya lumba-lumba yang berbadan paus dan tidak memiliki moncong lumba-lumba.
Sampai saat ini, Irrawaddy Dolphin keberadaannya hampir tidak ada mengingat ia sering diburu oleh manusia.

Mutillidae

Mutillidae adalah seekor hewan berbadan semut namun merupakan salah satu keluarga dari 3000 spesies tawon yang ada di dunia. Mutillidae memiliki warna yang beragam mulai dari merah, oranye, hitam dan putih. Spesies mereka yang berwarna hitam dan putih seringkali diberi julukan sebagai semua panda.
Namun, jangan berada dekat-dekat dengan hewan yang satu ini kalau anda tidak mau terkena sengatannya yang amat mematikan. Belum ada informasi mengenai keberadaan dan habitat hewan ini mengingat populasi mereka yang sudah amat sangat sedikit.

Okapi

Okapi (Okapia Johnstoni) adalah mamalia yang dikaruniai sebuah tubuh berbadan kuda serta berkulit zebra. Banyak yang menyangka bahwa hewan ini berasal dari bangsa Kuda, padahal hewan ini merupakan kerabat dari Jerapah. Yup, Okapi adalah anggota dari keluarga Giraffidae.
Okapi dapat ditemuka di Hutan Hujan Ituri yang terletak di timur laut Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah.
Sebuah studi pada tahun 2013 mengatakan bahwa hanya tersisa 10.000 ekor okapi di dunia ini. Jumlah ini terus menurun sejak satu dekade yang lalu. Pada tahun yang sama, hewan ini dideklarasikan sebagai spesies hewan yang terancam punah.

Uakari

Uakari adalah monyet Dunia Baru yang berasal dari genus Cacajao. Nama Uakari diyakini berasal dari bahasa pribumi. Pada umumnya, Uakari memiliki ekor yang panjangnya mencapai 15 cm – 18 cm dan panjang tubuh mencapai 40 cm – 45 cm.
Keunikan Uakari terletak pada kepalanya. Mengapa? Ternyata, seekor Uakari tidak memiliki rambut (baca: botak). Benar sekali, meski dikaruniai bulu yang lebat, Uakari tidak memiliki rambut pada kepala mereka. Selain itu, Uakari tidak memiliki lemak subkutan sehingga mereka memiliki wajah yang hampir seperti tengkorak.
Uakari dapat ditemukan di Amazon, Brazil, Kolombia, Peru dan Venezuela.
Seekor Uakari biasanya akan bersikap lesu, loyo dan hanya berdiam diri saja ketika ditempatkan pada sebuah kebun binatang. Namun bila di alam liar, mereka bertindak aktif, lincah bahkan mampu melompat hingga lebih dari 6 meter.

Red-Lipped Batfish

Red-lipped batfish atau Galapagos batfish (Ogcocephalus Darwini) merupakan ikan hasil morfologi yang biasa ditemukan di sekitar Kepulauan Galapagos pada kedalaman 30 meter atau lebih. Ikan ini memiliki bibir yang berwarna kemerahan dan sebangsa dengan Red-lipped batfish yang berhabitat di dekat Pulau Cocos, Costa Rica.
Meskipun ia menyandang gelar “ikan”, Red-lipped batfish adalah perenang yang buruk . Beruntung, mereka memiliki sepasang sirip dan dada yang dapat mereka gunakan untuk berjalan di dasar laut. Seekor batfish dewasa memiliki sebuah anggota tubuh diatas kepalanya biasa disebut dengan Illicium yang berfungsi untuk memikat dan menarik mangsanya sehingga ia tidak perlu kerepotan mengejar mangsanya.

 

Itulah nama-nama 10 Hewan Langka yang Terancam Punah,
Indah, bukan ?
Jadi,
STOP EKSPLOITASI dan PERBURUAN LIAR (d.io)

Be Sociable, Share!
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • StumbleUpon
  • Delicious
  • Google Reader
  • LinkedIn
  • BlinkList
  • Digg
  • Google Bookmarks
  • HackerNews
  • MSN Reporter
  • Myspace
  • Posterous
  • Reddit
  • Sphinn
  • Tumblr

    Related posts:

    1. 65 Fakta Unik tentang Hewan yang Belum Pernah Anda Ketahui
    2. Senjata Rahasia Hewan Kecil
    3. Langka … Bayi Kembar tapi Beda Warna Kulit
    4. Aktor Film Innocence of Muslim Terancam dibunuh
    5. Foto-foto Hewan yang Lagi Galau

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


    Refresh